Pemerintah Provinsi Menarik Investor Untuk Membangun PLTG

Pangkalpinang – Berbagai langkah dalam mengatasi persoalaan krusial terutama dalam menyediakan ketersediaan energi listrik di Bangka Belitung terus diupayakan oleh pemerintah.   Seperti halnya pada hari ini rabu 8 Mei 2013, salah satu langkah mediasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, melalui badan koordinasi penanaman modal daerah provinsi kepulauan bangka belitung bekerjasama dengan PLN, mengadakan pertemuan dengan PT. Golden Intelect Corporation Limited Hongkong selaku investor  guna membahas rencana investasi bidang kelistrikan.

Ada pun pertemuan hari ini, menurut Kepala BKPMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zakaria adalah sebagai tahap penjajakan  guna menindaklanjuti rencana investasi bidang listrik yakni perihal pembangunan  pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) yang dilakukan PMA PT. Golden Intelect Corporation Limited Hongkong, ungkapnya.  Ia juga mengungkapnya untuk kapasitas listrik PLTG yang rencananya akan dibangun oleh PMA tersebut berkapasitas 2x65 Mega Watt.

“Mereka rencananya akan membangun power plant dengan bahan bakar pembangkitnya adalah gas yang rencananya akan dibangun dengan kapasitas sebesar 2x65 Mega Watt,” ungkap Zakaria

Selain mengungkapkan maksud dan tujuan pertemuan tersebut, Zakaria juga mengungkapkan bahwa prioritas utama peruntukan pemenuhan lisrik nantinya,  selain guna memenuhi kebutuhan konsumsi listrik masyarakat (rumah tangga) dimana  yang saat ini baru terpenuhi sebesar 70 Mega Watt, sedangkan total konsumsi untuk kebutuhan listrik rumah tangga diperkirakan sekitar 200 Mega Watt, juga memenuhi kebutuhan dunia indistri yang ada saat ini akan listrik selain juga adanya investasi di bidang kelistrikan ini dapat menjadi stimulus bagi investor, tegasnya.

“Karena melihat kondisi kebutuhan listrik daerah kita kan tinggi sedangkan,elektrivikasi masyarakat dan industry kan  juga masih rendah,” ungkapnya.

Lebih jauh, kepala BKPMD Zakaria menyebutkan bahwa dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait permintaan bantuan PMA asal hongkong tersebut kepada pemerintah - PLN dan pemerintah - akan jaminan ketersediaan bahan bakar gas dalam operasional PLTG kedepannya.

 “Mereka meminta jaminan pemerintah dalam hal ini yah kita kan pemerintah provinsi kan sebagai representasi dari pemerintah pusat ya dan PLN tentunya sebagai perusahaan negara penyedia lisrik  mengenai keterjaminan suplai bahan bakar gas ini ya, dan melalui pemerintah provinsi yang diwakili oleh Kepala Distamben pak Aldan melalui instruksi Gubernur akan mencoba bermediasi dengan pihak pertamina dalam menyuplai gas,” jelas Zakaria.

Sumber: 
http://www.babelprov.go.id